Cara Mencegah Osteoporosis

Cara Mencegah Osteoporosis Penyakit Osteoporosis adalah istilah umum untuk suatu penyakit tulang yang menyebabkan berkurangnya jumlah jaringan tulang dan tidak normalnya struktur atau bentuk mikroskopis tulang. Kuantitas dan kualitas tulang yang tidak normal membuat tulang tersebut lemah dan mudah patah, bahkan ketika mengalami trauma ringan. Akibat osteoporosis dapat dipandang sebagai kegagalan fungsi tulang, yang serupa dengan proses perkembangan penyakit gagal jantung setelah bertahun-tahun menderita tekanan darah tinggi yang tidak terkendali. Tidak ada bukti terdokumentasi yang menyatakan bahwa keropos tulang atau pengapuran tulang atau berkurangnya jaringan tulang yang tidak disertai kejadian patah tulang, berkaitan dengan rasa sakit atau gejala-gejala lainnya. Ini berarti osteoporosis tidak menunjukkan gejala-gejala, tetapi hanya akibat-akibat seperti patah tulang dan rasa sakit kronis yang menertainya, kelainan bentuk tubuh dan kelumpuhan.

Cara Mencegah Osteoporosis

Cara Mencegah Osteoporosis

Penyakit Osteoporosis

Pencegahan pada osteoporosis tentu saja adalah menghindari faktor resiko atau penyebabnya. Di samping itu, kita perlu melakukan hal-hal sebagai Cara Mencegah Osteoporosis yang dapat memperkecil volume terjadinya serangan osteoporosis seperti :

1. Konsumsi Kalsium yang Cukup

Untuk mencukupi kebutuhan kalsium, perlu diperhatikan produk pangan yang disantap. Salah satu sumber kalsium yang cukup baik adalah susu. Dua gelas susu sehari sudah dapat memenuhi kebutuhan tubuh. Dari 2 gelas susu (500 ml) akan diperoleh 1.250 mg kalsium. Perolehan kalsium tersebut sudah melebihi kebutuhan kalsium orang dewasa yaitu 800-1.000 mg/hari. Sumber kalsium lainnya adalah ikan (terutama yang dimakan beserta tulangnya), daging, unggas, telur, sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan.

2. Berhati-hati Menggunakan Obat

Beberapa jenis obat ternyata dapat mengganggu kinerja tulang. Salah satu contohnya adalah obat kortikosteroid yang dapat menekan kerja hormon pengatur pembentukan tulang. Contoh lain adalah antasida, obat pencahar, cholestiramine, obat diuretik, anti gout dan beberapa jenis obat anti rematik. Obat-obatan tersebut memiliki efek mengganggu penyerapan kalsium.

Obat antisida yang umum dikenal sebagai obat anti sakit maag dapat menghambat penyerapan kalsium. Penghambatan dipicu oleh magnesium dan alumunium hidroksida yang mampu mengikat kalsium dan mengubahnya menjadi bentukan baru yang sulit diserap. Obat cholesteramine yang lazim digunakan untuk mengikat asam empedu agar terjadi penurunan kolesterol darah juga dapat menurunkan kadar kalsium tubuh akibat pembuangan melalui urine.

3. Batasi Konsumsi Garam

Garam dapur (NaCl) terdiri dari unsur Natrium (Na) dan Klorida (Cl). Konsumsi natrium (sodium) yang berlebih, baik yang berasal dari garam dapur maupun monosodium glutamat (MSG) dapat berdampak buruk terhadap kesehatan. Selain memiliki efek hipertensi, natrium juga berpotensi untuk menghilangkan kalsium dari tubuh. Natrium akan mengeluarkan kalsium dari tubuh melalui urine. Cara menghindari kehilangan kalsium akibat natrium adalah dengan membatasi konsumsinya. Sebaiknya hindari makanan-makanan tinggi natrium dan makanan awetan yang menggunakan garam sebagai pengawet.

4. Cukupi Konsumsi Vitamin D

Vitamin D diketahui mampu memelihara kesehatan tulang dengan cara meningkatkan penyerapan kalsium dari sistem pencernaan, serta mengurangi pembuangannya dari ginjal. Kebutuhan vitamin D normal per hari adalah 400 IU. Dalam bentuk non aktif, vitamin D banyak terdapat di bawah kulit. Vitamin D akan menjadi aktif dan berfungsi apabila terpapar sinar matahari pagi yang banyak mengandung ultraviolet. Terpapar sinar matahari sekitar 20 menit per hari, minimal 3 kali seminggu sudah cukup untuk membantu produksi vitamin D. Jadi, apabila kita cukup terpapar sinar matahari, maka tidak perlu takut kekurangan vitamin D.

5. Aktif Berolahraga

Cara Mencegah Osteoporosis dengan aktif olahraga. Penurunan aktivitas fisik pada usia lanjut dapat menurunkan massa tulang. Oleh karena itu, olahraga aktif secara rutin merupakan bentuk antisipasi terhadap penurunan massa tulang. Adapun bentuk olahraga yang sesuai bagi seseorang yang sudah lanjut usia adalah minim benturan seperti aerobik low impact, jalan kaki, bersepeda atau berenang. Aspek yang harus diperhatikan adalah intensitas, waktu dan frekuensi olahraga. Kecukupan intensitas diukur dengan menghitung denyut nadi. Denyut nadi normal berkisar antara 70-80 denyut permenit. Waktu berolahraga disarankan 20-40 menit per latihan, sedangkan untuk frekuensi idealnya 3-4 hari per minggu.

6. Bantu dengan Obat Osteoporosis

Dalam dunia kedokteran mulai banyak dikembangkan berbagai obat pencegah osteoporosis. Jenis obat osteoporosis untuk Cara Mencegah Osteoporosis  tersebut diantaranya adalah estrogen, kalsitonin, biophosphonat, dan testosteron. Estrogen merupakan hormon yang menurun jumlahnya dalam tubuh apabila wanita mengalami menopause. Hal ini ditengarai sebagai penyebab osteoporosis utama pada wanita. Obat osteoporosis berisi hormon estrogen yang diberikan pada wanita pasca menopause diharapkan dapat Cara Mencegah Osteoporosis.

Dibawah ini beberapa jenis makanan yang bisa membantu mencegah dan sekaligus juga sebagai obat osteoporosis adalah susu dan juga produk susu. Produk susu misalnya adalah seperti keju, yoghurt, dan juga susu skim merupakan salah satu minuman sehat yang baik Anda konsumsi dalam mencegah terjadinya osteoporosis. Karena makanan-makanan ini mengandung kalsium dan mengandung protein yang bisa membantu memperbaiki dan menyehatkan tulang tubuh Anda.

Selain susu, kacang juga bisa membantu mengatasi masalah osteoporosis. Sebaiknya Anda jangan malas makan kacang. Karena kacang mengandung kalsium, magnesium, mangan dan fosfor yang besar. Apalagi jika Anda mengonsumsi kacang almond dan juga jenis kacang pistachio yang merupakan salah satu jenis sumber kalsium paling baik.

Cara Mencegah Osteoporosis

Cara Pemesanan Obat Osteoporosis

Obat Osteoporosis Tradisional, Herbal & Alami Untuk Mencegah dan Mengatasi Penyakit Osteoporosis (Kerapuhan Tulang)

Harga Obat Osteoporosis

Harga Obat Osteoporosis

Harga Obat Osteoporosis

Harga Obat Osteoporosis 1 Botol Isi 60 Kapsul = Rp.145.000,-

(Untuk Pemakaian 10-20 Hari)

garis

Paket HEMAT Setiap Beli 3 Botol GRATIS 1 Botol

obat-osteoporosis-herbal

Paket Hemat Obat Osteoporosis Tradisional, Herbal dan Alami

Paket HEMAT Setiap Beli 3 GRATIS 1 Total Rp.580.000 Jadi Rp.435.000

(Dapat 4 Botol dan Hemat Rp.145.000)

(Untuk Pemakaian 40-60 Hari)

cara-pemesanan-cepat

Cara Pemesanan Cepat Obat Osteoporosis:

SMS ke 0818-0773-0772 , tuliskan : Pesan Obat Osteoporosis Osteona, Jumlah Botol yang dipesan atau Beli Berapa Paket Hemat 3botol gratis 1botol, Nama Anda, Alamat Kirim Lengkap dan Pembayaran Via Bank Apa

This entry was posted in Obat Osteoporosis and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *